Senin, 12 Mei 2014

KEBUDAYAAN DALAM ISLAM



Di Indonesia banyaksekalikebudayaanentahitu yang sesuaidenganaturan agama islamatau yang tidaksesuai agama islam, karena di Indonesia itusendiriada lima macam agama: Islam, Kristen, Budha, Hindu, danKonghucu.
Sekarangsudahbanyakumatmuslim yang mempertontonkanauratnyakepadakhalayakramai, padahalmerekasendiri tau mempertontonkanauratdirinyasendiriitutidakbolehdalamislam. Tapikarenaperubahanzamandanpengaruhbudayaasing yang begitupesatdansebagianumat muslin di Indonesia tidakbisamembatasipengaruhbudayaasingitu.Makadariitusekarangbanyakgadis-gadismuslim yang keluarrumahhanyamemakaicelanapendek di ataslututdanmemakaitangtopataumemakaibaju yang transparandanngetat.Disinilahperan orang tuasangatdibutuhkansupayaanak-anaknyatidakterbawaarusglobalisasi yang negatifnya.
Dalamkeadaandemikanmaka, secaratidaklangsungatautidaklangsung, etos yang menjadipedomandarieksistensidankegiatanberbagaiprantara yang adadalammasyarakatdipengaruhi, digerakandandiarahkanoleh agama yang di anutnya, danterwujuddalamkegiatan-kegiatanparawargamasyarakatnyasebagaitindakan-tindakandankarya-karya yang merekabuat.
Dalamislamkebudayaanlebihdarisekedarmanifestasidarihasilkerjamanusia, akantetapiislammempunyaikebudayaansendiriyaitukebudayaanislam yang mempunyaiarti “penjelmaandarijiwaseorangmuslim yang didasaridanmencerminkanajaranislamdanarti yang seluas-luasnya”. Islam mempunyaisumberseendiridalammembentuksebuahkebudayaan yang islamiyaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah, keduanyamenjadipeganganbagiseorangmuslim. Karenaislammempunyaisumbersendiridalammembentuksebuahkebudayaan, secaraotomatisislamjugamempunyaitujuantersendiridengankebudayaantersebut. Secaraumumdapat di lihatdarisemuabentukkebudayaanhanyainginmenunjukanidentitassuatukaum, sukuataubangsa.
Tapilebihdaripadamenunjukanpencerminankehidupanmuslimdalamkebudayaantersebut, dalamkebudayaanislammempunyaitujjuanunntukmendapatkanridha Allah.
Olehkarenakebudayaanislamadalahsebagiandarikebudayaansecarakeseluruhan, makadapatditarikkesimpulanbahwatujuankebudayaanislamadalahidentikdengantujuanhidupmanusiadanidentik pula dengantujuanmuslim, yaitu: mengharapridha Allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar